Lukman Prihandika Blog's

Nrimo ing pandum, urip wis ono sing ngatur

Kucing Binatang Kesayangan Nabi Muhammad SAW

with 45 comments

Mitos disekitar keberadaan Kucing

Banyak mitos yang tercipta tentang kucing. Di Mesir, 3000 tahun yang lalu, kucing dianggap sebagai titisan dewa. Sedangkan, di Eropa kucing dianggap sebagai sihir setan atau pembawa bencana. Tak pelak lagi, pada masa abad kegelapan terjadi pemusnahan besar-besaran terhadap hewan lucu ini, hingga menyebar ke Afrika Utara. Padahal, wabah yang oleh masyarakat saat itu dianggap sebagai kutukan adalah jenis penyakit pes yang diakibatkan oleh meledaknya populasi tikus dan penurunan populasi kucing sebagai predator.

Cerita Nabi Muhammad SAW dan Kucingnya.

Diceritakan dalam suatu kisah, Nabi Muhammad SAW memiliki seekor kucing yang diberi nama Mueeza. Suatu saat, dikala nabi hendak mengambil jubahnya, di temuinya Mueeza sedang terlelap tidur dengan santai diatas jubahnya. Tak ingin mengganggu hewan kesayangannya itu, nabi pun memotong belahan lengan yang ditiduri mueeza dari jubahnya. Ketika Nabi kembali ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk kepada majikannya. Sebgai balasan, nabi menyatakan kasih sayangnya dengan mengelus lembut ke badan mungil kucing itu.

Dalam aktivitas lain, setiap kali Nabi menerima tamu di rumahnya, nabi selalu menggendong mueeza dan di taruh dipahanya. Salah satu sifat Mueeza yang nabi sukai ialah, ia selalu mengeong ketika mendengar azan, dan seolah-olah suaranya terdengar seperti mengikuti lantunan suara adzan. Bahkan kepada para sahabatnya, nabi berpesan untuk menyayangi kucing peliharaan layaknya menyanyangi keluarga sendiri.

Hukuman bagi mereka yang menyakiti hewan lucu ini sangatlah serius, dalam sebuah hadist shahih Al bukhori, dikisahkan tentang seorang wanita yang tidak pernah memberi makan kucingnya, dan tidak pula melepas kucingnya untuk mencari makan sendiri, Nabi SAW pun menjelaskan bahwa hukuman bagi wanita ini adalah siksa neraka.
Beberapa diantara orang terdekat nabi juga memelihara kucing. Aisyah binti abubakar shiddiq, istri nabi amat menyayangi kucing, dan merasa amat kehilangan dikala ditinggal pergi oleh si kucing. Abdurrahman bin sakhr al Azdi. diberi julukan Abu huruyrah (bapak para kucing jantan), karena kegemarannya dalam merawat dan memelihara berbagai kucing jantan dirumahnya.

Penghormatan para tokoh islam terhadap kucing pasca wafatnya Nabi SAW.

Dalam buku yang berjudul Cats of Cairo, Baybars al zahir, seorang sultan dari dinasti mamluk yang terkenal tegas dan berani, ternyata sangat menyayangi kucing. Bahkan al zahir sengaja membangun taman-taman khusus bagi kucing dan menyediakan berbagai jenis makanan didalamnya.
Tradisi ini akhirnya menjadi adat istiadat di berbagai kota-kota besar negara islam. Hingga saat ini, mulai dari damaskus, istanbul, hingga kairo, masih bisa kita jumpai kucing-kucing yang berkeliaran di pojok-pojok masjid tua dengan berbagai macam makanan yang disediakan oleh penduduk setempat.

Pengaruh Kucing dalam Seni Islam.

Pada abad 13, sebagai manifestasi penghargaan masyarakat islam, rupa kucing dijadikan sebagai ukiran cincin para khalifah, termasuk porselen, patung hingga mata uang. Bahkan didunia sastra, para penyair tak ragu untuk membuat syair bagi kucing peliharaannya yang telah berjasa melindungi buku-buku mereka dari gigitan tikus dan serangga lainnya.

Kucing yang memberi inspirasi bagi para sufi.

Seorang Sufi ternama bernama ibnu bashad yang hidup pada abad ke sepuluh bercerita, suatu saat ia dan sahabat-sahabatnya sedang duduk santai melepas lelah di atas atap masjid kota kairo sambil menikmati makan malam. Ketika seekor kucing melewatinya, Ibnu bashad memberi sepotong daging kepada kucing itu, namun tak lama kemudian kucing itu balik lagi, setelah memberinya potongan yang ke dua, diam-diam ibnu bashad mengikuti kearah kucing itu pergi, hingga akhirnya ia sampai disebuah atap rumah kumuh, dan didapatinya si kucing tadi sedang menyodorkan sepotong daging yang diberikan ibnu bashad kepada kucing lain yang buta kedua matanya. Peristiwa ini sangat menyentuh hatinya. hingga ia menjadi seorang sufi sampai ajal menjemputnya pada tahun 1067.

Ada juga cerita tentang seorang sufi di Iraq yang bernama Shibli, ia bermimpi dosa-dosanya diampuni setelah menyelamatkan nyawa seekor anak kucing dari bahaya. Selain itu, kaum sufi juga percaya, bahwa dengkuran nafas kucing memiliki irama yang sama dengan dzikir kalimah Allah.

Cerita yang dijadikan sebagai sauri tauladan

Salah satu cerita yang cukup mahsyur yaitu tentang seekor kucing peliharaan yang dipercaya oleh seorang pria, untuk menjaga anaknya yang masih bayi dikala ia pergi selama beberapa saat. Bagaikan prajurit yang mengawal tuannya, kucing itu tak hentinya berjaga di sekitar sang bayi. Tak lama kemudian melintaslah ular berbisa yang sangat berbahaya di dekat si bayi mungil tersebut. Kucing itu dengan sigapnya menyerang ular itu hingga mati dengan darah yang berceceran.

Sorenya ketika si pria pulang, ia kaget melihat begitu banyak darah di kasur bayinya. Prasangkanya berbisik, si kucing telah membunuh anak kesayangannya! Tak ayal lagi, ia mengambil pisau dan memenggal leher kucing yang tak berdosa itu.
Setelah melakukan aksi keji itu, tiba-tiba sang pria tersebut tersentak kaget, bagaimana tidak! ia melihat anaknya terbangun, dengan bangkai ular yang telah tercabik di bawah tempat tidur anaknya. melihat itu, si pria menangis dan menyesali perbuatannya setelah menyadari bahwa ia telah membunuh kucing peliharaannya yang telah bertaruh nyawa menjaga keselamatan anaknya. Kisah ini menjadi refleksi bagi masyarakat islam di timur tengah untuk tidak berburuk sangka kepada siapapun.

Adakah manfaat kucing bagi dunia ilmu pengetahuan?

Salah satu kitab terkenal yang ditulis oleh cendikia muslim tempo dulu adalah kitab hayat al hayaawan yang telah menjadi inspirasi bagi perkembangan dunia zoologi saat ini, Salah satu isinya mengenai ilmu medis, banyak para dokter muslim tempo dulu yang menjadikan kucing sebagai terapi medis untuk penyembuhan tulang, melalui dengkuran suaranya yang setara dengan gelombang sebesar 50 hertz. Dengkuran tersebut menjadi frekuensi optimal dalam menstimulasi pemulihan tulang.

Tak hanya ilmu pengetahuan, bangsa barat juga banyak membawa berbagai jenis kucing dari timur tengah, hingga akhirnya kepunahan kucing akibat mitos alat sihir dapat terselamatkan. (dari berbagai sumber)

Written by brokenz1

July 14, 2010 at 4:33 pm

Posted in Information, Muslim

Tagged with

45 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. cuma bisa bilang meong..meong. meong….!!!??? tnkhs kisahnya..!!???

    ersat

    October 5, 2010 at 9:05 am

  2. tersentuh bgt dgn kisahnya..smpe
    nangis dgr kucingnya disembelih.sy sayaaang kali s
    m kucing dirmh sy py 7 kucing..sy ga tega liat kucing disakiti. cita2 sy ingin py rumah yg halaman besaaar..dan memelihara kucing sebanyak2nya utk menemani masa tua sy jg..

    wit

    November 13, 2010 at 2:07 pm

    • setuju sama kamu ^_^
      berminata untuk kerja sama dalam bidang hewan kesayang gak?
      mau buka rumah penampungan untuk semua kucing terlantar

      NUNee

      February 19, 2012 at 12:22 pm

    • saat ini saya tinggal di sebuah rumah yang sebetulnya bukan kosan tapi hhanya saya saja yang boleh kos disana. rumah ini sering didatangi kucing karena saya beri makan dan dirawat akhirnya menetap dan beranak disini. tapi satu masalahnya, ibu pemilik rumah tidak setuju ada kucing dirumah. dengan alasan bikin rumah bau dan kotor. ya, betul juga. gak ikut punya rumah soalnya.
      suatu saat nanti sy akan bangun rumah yang luas biar kucing2 bisa tinggal disana, tanpa syarat.

      kyuu

      April 21, 2012 at 2:26 pm

      • amin …

        brokenz1

        April 27, 2012 at 9:19 pm

  3. kucingq sayang

    cleo

    January 15, 2011 at 12:46 am

  4. ada yg bilang klau kita menyiksa binatang terutama kucing,nantinya kita di minta pertanggung jawaban dgn imbalan hukuman sebanyak bulu kucing yg tak terhitung.

    sri wahyuni

    January 19, 2011 at 12:42 am

    • wah baru tahu tuh, tp ya baguslah hukumannya seperti itu hehe

      brokenz1

      January 19, 2011 at 4:08 am

  5. mdh2n yg baca tulisan ini jadi syg sm kucing dan tdk menganggap kucing itu mahluk yg menjijikkan..krn i love kucing very much

    lisa

    April 18, 2011 at 3:56 am

  6. kucing di rumah ku suka naik mundar mandir di rak piring dan di meja makan ku…
    tikus2 dan kecoa juga bebas aja berkeliran di depan para kucing tanpa rasa takut di mangsanya…
    kesannya si kucing di rumahku rakus & pemalas
    selain buat jorok peralatan & tempat makan ku si kucing juga suka merusak sofa & jok sepeda motorku..
    si kucing juga suka berak sembarangan & menebarkan bau taik kucing”
    pokoknya kucing di rumahku tak memberikan kesenangan di mataku..
    bagiku kucing binatang yg rakus dan tak mau menghormati manusia” kucing itu termasuk binatang pencuri dan suka merengek terkesan tak sabar menanti pemberian” pokoknya si kucing harus lebih dulu makan & tak selesai2 terus meminta bagian”

    ande

    April 20, 2011 at 5:12 pm

    • waduh mbak, kalo bisa berasumsi begitu kenapa masih memelihara kucing???

      heidi

      July 6, 2012 at 3:46 am

  7. Waduh, br tw tu akh, bolel tw g keterangan itu didapet dr mana n itu hadits riwayat siapa? soalnya ana nyari hadits itu g nemu2

    muhammad

    April 26, 2011 at 4:54 am

  8. Sayangilah kucing2 yg ada d’dunia ini..berilah mereka makan..siapa lagi yg menjaga mereka,selain qt..i love you kucing2..

    imis

    April 30, 2011 at 11:30 am

  9. Sy sangat sayang sangat dgn kucing,sy tak pernah jemu melayan karenah kucing..lagi2 baru lahir baunya sangat syiokkk….em sy syg kucing,tak kirala kucing tu mcm mana pun.kurap ka buta ka,cacat ka…dalam hati ttp sayang….

    Jue

    May 11, 2011 at 7:16 pm

  10. kucing nyolongan ! ! ! anjing saya sudah mangsa lebih dari 30 ekor wkwkwkwkwkw

    DOG LOVER

    May 14, 2011 at 4:03 am

  11. SUBHANALLOH………………………….
    Betapa mulianya kucing…………
    dia mengajari kita banyak ilmu……..jika kita termasuk orang2 yg beriman???

    khabibulloh

    June 3, 2011 at 2:17 am

  12. kakek sy jg syng sma kucing…
    Mudah2an dosa2 kakek q d ampuni allah yg maha pengasih..

    saleh

    June 5, 2011 at 10:59 am

  13. Bagi sy kucing sgt istimewa,,skrg sy sgt sedih krn hr kmis kmrin kucing ksayanganku brnama yuko mninggal,,bagiku dia sprt shabatku n saudaraku,,stiap plg kmpus sy pst mncarix n mnggendongnya,,dia sgt lucu,,sabar,,tdk nakal,,n smua org yg mlihatx pst suka,,wlwpun dia kucing lokal tp mgkn dia punya kturunan shingga bulux lebat,tp anehx dia mmiliki tbuh yg sgt kcil alias kerdil oleh krn itu dia tdk bs brlari cm brlompat-lompat,sy sgt sayang dia tp skrg dia sdh tdk ada,,dia sakit smp mninggal,,sy msh trs nangis krn sgt khilangan dia,,bhkn smp trlalu byk nangis sy smp muntah2 n ikut sakit jg,smp smlm sy tdur dgn mayatnya jg krn sy blm bs trima dia mninggal,,yg ada dlm pikiranku dia hnya trtidur sj,,sy sgt brsyukur prnh mmilki kucing brnama yuko,,dia sprt adikku n sy mmohon pd Allah agar nnt bs brtemu n brsamax lg di akhirat kelak,,amin ya Allah,,slamt jln yuko skrg dia sdh tdk mnderita n ksakitan lg,dia sdh brsama Allah dsana,,kk syg yuko,,

    Marwah

    June 25, 2011 at 12:15 pm

    • apa yg anda lalui dn rsai sma spt yg tkh sta lalui n rsai……..skitnya hti bla kcing ksygn mningglkn kta……..saya seorg ibu yh bkongsi kgmrn brsma ank2. kmi sgt ska dn syg kcing. Allah la yg lbih mngetahiui btapa kmi ank brank sgt syg thdp bnatng ciptaan Allah yg satu ini……

      ct sarida

      August 9, 2011 at 2:33 am

  14. Cerita ini bagus orong islam.saya sangat suka cerita ini kerana banyak kebaikaj

    muhammad shah

    August 18, 2011 at 3:54 pm

    • yupz, Islam mengajarkan kasih sayang ke binatang juga :)

      brokenz1

      August 30, 2011 at 9:32 pm

  15. Alkisah yang memberi inpirasi, subbanallah…………semakin sayang pada kucingku, mudah2 capat sembuh dari sakitnya……..demam samapai nggak mau makan……..tadi diinfus dan beri obat 3 hari.

    soga

    September 9, 2011 at 6:24 am

  16. Aku jg suka bngt sama kucing,,sampe2 kucing2 yg terlantar dijalanan yg mash bayi dan blm bisa cari makan sendiri,,akhir’ya aku bawa pulang,tiap 2 jam sekali aku kash susu buat ank kucing kecil itu,susu khusus buat kucing yg umur’ya 0-3 bln.stiap malam aku slalu bangun seakan2 aku mempunyai bayi yg harus aku susui,sampai aku terlihat lesu,,tp aku ikhlas dengan smua yg aku lakukan,,demi kucing2 kecil itu,,maklum mash bayi…bnyk kisah2 yg menarik untuk aku ceritakan dan berbagi info tentang kucing,,tp terlalu panjang untuk aku tulis..hanya satu keinginan ku untuk smua kucing2 yg terlantar di jalan,,bahkan bnyk yg tertabrak kendaraan..aku membutuhkan doa para kucing2,,aku ingin bisa membuat tempat panti asuhan dan menampung kucing2 yg di jalanan,,terutama kucing2 malang..

    indah

    September 24, 2011 at 12:49 am

  17. aku sangat menyukai kucing yg saat ini sudah menjadi anggota keluarga ku (menurut aku sendiri) tetapi bapak sering berkata kasar dengan kucing ku.. apakah perlakuan seperti itu dapat di maaf kan oleh kucing ataopun secara hukum islam sendiri..?

    nuning

    October 24, 2011 at 11:21 pm

  18. Subhanallah,, aku sayaang ama kucing aku.. kucing aku bisa nemenin aku dikala aku kesepiann..

    lisaah

    November 20, 2011 at 7:56 am

  19. Subhanallah,, aku sayaang ama kucing aku.. kucing aku bisa nemenin aku dikala aku kesepiann..
    walaupun kadang2 kucingku nakal. aku tetap sayaang.. :)

    Mùh Lì Sàh

    November 20, 2011 at 8:00 am

  20. Kasian bgt kucingnya…aku sampe nangis bacanya…jangan pernah sakiti kucing….kucing sy pun di rumah kalo shalat slalu ikut shalat dan slalu diam kl d bacakan shalawat..

    rima

    December 16, 2011 at 7:37 am

    • jangan sampai kita semua nyakiti kucing ,kucinh itu lucu……..bgd…..

      iin citra

      February 7, 2014 at 2:23 pm

  21. yoyoyyy..drmh w selalu pelihara kucing, biar jd temen klo lg sendirian..

    dwi

    March 5, 2012 at 7:06 am

  22. aq sayaang kamu mumu…(kucingku)

    hana

    March 17, 2012 at 9:37 am

  23. plg kerja………… cari si dora end temon
    pulang maen….panggil dora end temon
    maw branjak tidur….. d temani dora end temon……
    nyuci motor… di temani….. dora end temon……..

    wlo maen d jln…….. klo dah taw klo d panggil….. passsti lari….. bkan jln……. lariii……
    Sbukhanallaah…………………makin syang aq ma kamu ……..

    cak rey

    April 8, 2012 at 1:45 am

  24. Kasian banget sampai mau nangis kucingnya di bunuh, padahal dya udah pertaruhin nyawanya sendiri:’(

    Febriana melianti

    June 6, 2012 at 9:32 am

  25. subhanaAllah…saya membela kucing yg banyak di rumah. kesemua hampir 30 ekor. ada yg didalam dan diluar rumah. kami sekeluarga amat menyayangi kucing kucing kami. antara nama kucing kami ialah : miki,miko,lala,paulsmith,edhardy, mizznina,lora,smarty,parkjun,domba,taiyong,mia,zara,lillo,stich,parkha,sena,danbi,papi,eunim,senget,tenkot,putih,ningning dan kucing kucing lain di belakang umah yang berkeliaran…syukur dgn rezki dari Allah makanya kami mampu memberi makanan utk kesemua kucing kucing kami. kami sayang semuanya yang masih ada bersama kami juga kepada yang telah pergi meninggalkan kami samada mereka mati dihadapan kami atau mereka pergi meninggalkan kami tanpa kesan…

    emely

    July 21, 2012 at 4:56 am

  26. Kucing kami “Kety” telah meninggalkan kami untuk selamanya…………….sampai detik ini saya masih sedih…Insya Allah kami bertemu lagi di Akhirat

    okta

    July 31, 2012 at 9:32 am

  27. Assalamualaikum Wr, Wb.

    Perkenalkan Nama Saya : Suroso, Dan Nama Kucing Ku Adalah ‘CIINK’ .

    Aku Sangat Cinta Dan Suka Pada Kucing. Entah Itu Kucing Peliharaanku AtauPun Kucing jalanan.

    “kisah Kucingku Yg Malang, Pada Hari Jum’at Tgl 26 Desembr 2008. Kucingku Keracunan. Aku Menangis Saat Melihat Kucingku Yg Sekarat. Seakan Akan Aku Tak Tega Melihatnya, Tp Qw Setia Menemaninya Sampai Ia Benar” Meninggalkan Ku. (kebanyakan Kucing, Bila Keracunan Itukan Mungkin 2 – 3 jam udah meninggal. tp tidak untuk kucingku, kucing ku keracunan dan bertahn selama kurang lebih 26 jam. demi allah aku tidak bohong. memang kucingku ini adalah kucing yg kuat, karna kucingku ini jenis kucing kampung yg ganas. tp ia sangat patug dan luluh kepadaku, seakan akan ia mengerti perkataanku. Allah Hu Akbar. Tp Dia Benar” Meninggalkan Ku.. Ia Coba Bangkit. Sebelum Ia mati Ia Sempat Menatapku Dan Mengeong Kepadaku, Seakan Ia Mau Bicara Padaku, Aku Hanya Bisa Meneteskan Air Mata. Ciink adalah Kucing Terbaik Ku.

    Good Bey Ciink .

    Ciink An Suroso

    August 14, 2012 at 10:45 pm

  28. gw sampe nangis baca ceritanya yg kucing disembelih, tega amaat..
    .gw prnah kecelakaan gara2 ngindarin nabrak kucing, setelah gw pikir2..emang gw lbih milih ngalah celaka drpd si kucing yg celaka, krn gw mikirnya..tu kucing liar, kalo dy yg luka..blm tentu bs nyembuhin luka ndiri (mana ada kucing nyamperin RS bwt mnta obat coba ???)jd qt manusia yg punya akal ini lebih baik mengalah…selain itu, gw pecinta kucing bangeeettt
    #Curcol boo’

    aviivaayunin

    September 14, 2012 at 6:50 am

  29. kucing yg manis. .

    subandi

    April 15, 2013 at 3:25 am

  30. Kucing oh kucing…

    Santi

    December 3, 2013 at 5:14 am

  31. ceritanya sumpah bagus bener ,jadi pengen tambah peliharaan

    iin citra

    February 7, 2014 at 2:20 pm

  32. betapa beruntung nya kucing yang di pelihara nabi,,

    info hewan

    March 12, 2014 at 2:41 pm

  33. Mhn maaf Hadits ttg kucing Mueeza peliharaan Nabi adl palsu, tidak ada satu riwayat pun yg sahih yg menerangkan bahwa Nabi memelihara kucing. Bahkan Nabi melarang Aisyah dekat2 dg kucing. Alasan kucing tidak boleh dipelihara & diperjualbelikan krn ia bercakar & bertaring.

    Syarifah

    April 15, 2014 at 6:50 am

    • kl memang palsu dan melarang aisyah dekat2 dgn kucing mohon hadistnya jg mana lengkap dgn sanadnya biar saya crosscheck dgn ulama sini

      brokenz1

      April 15, 2014 at 8:14 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: