Lukman Prihandika Blog's

Nrimo ing pandum, urip wis ono sing ngatur

Biaya Hidup di Saudi Arabia

with 6 comments

Mungkin tulisan yang membahas tentang biaya hidup di Saudi Arabia sudah banyak sekali, tapi tak apalah karena tulisan ini buat kenang-kenangan jika nanti saya sudah tidak negara ini lagi :D

“Berapa sih biaya hidup di Saudi Arabia?” pertanyaan itulah yang sering banyak dilontarkan di internet, jika berdasarkan pengalaman pribadi biaya hidup disini murah (murah tidaknya relatif sih hehe), berikut detail jika kita tinggal di Saudi Arabia jika kita masih single karena saat tulisan ini dibuat penulis masih perjaka ting ting.

1. Biaya tempat tinggal adalah satu hal penting ketika kita tiba disini, selalu carilah di expatriates.com sebelum anda mendapatkan tawaran di luar negeri karena itu sangat membantu anda untuk mendapatkan gambaran di suatu negara yang akan anda kunjungi, disini untuk apartment atau flat berkisar dari 800SAR – 2000SAR tergantung dari fasilitas yang akan anda dapatkan dan untuk pembayaran akan di bayar per 6 bulan atau 3 bulan sekali jadi siapkan bekal yang cukup untuk tempat tinggal jika anda tidak mendapatkan fasilitas tempat tinggal dari agen anda. Karena untuk hotel per harinya mahal dari 110SAR – 300SAR per hari.

2. Biaya makan sehari, disini untuk makan mulai dari 8SAR – 20SAR per sekali makan + 1,5SAR untuk air putih / pepsi 1SAR. Jika makan nasi biriyani/khabsah dengan ayam porsi seperempat rata-rata 8SAR di restoran biasa kalau di restoran yang bagus yang ampe 18SAR. Disini air putih memang mahal lebih mahal di banding bensin.

3. Biaya transportasi, the last but not least. Disini public transportasi selain taxi sangat susah didapat, bus hanya SAPTCO yang pernah saya liat, kereta api pun yang pernah saya liat hanya jalur Huffuf – Dammam. Untuk taxi 10SAR – 15SAR Khobar – Dammam, pintar-pintarlah menawar hehe dan pilih driver dari india jika bisa karena kalau dari Arab kadang tidak bisa bahasa Inggris (ketahuan deh saya gak bisa bahasa arab hihi). Untuk membeli mobil disini lebih murah karena memang tidak ada tax, sebagai contoh Toyota Camry di Indonesia 200.000SAR disini cuma 80.000SAR. Usahakan untuk mendapatkan fasilitas mobil dari perusahaan anda karena sangat membantu untuk bensin seminggu hanya 10SAR – 15SAR saja.

4. Biaya telepon, untuk telepon disini memang tarif masih mahal. Ada 3 operator disini STC (sawa atau Telkom nya sini), Mobily dan Zain. Masing-masing punya paket unggulan, pilih saja sesuai keinginan anda. Karena saya bekerja untuk manage service-nya di Operator Mobily ya pasti pakai Mobily hehe. Untuk telepon ke Indonesia 10-15 menit sekitar 10SAR – 20SAR, saran saya pakai STC untuk telepon ke Indonesia karena relatif murah (loh loh kok iklanin operator musuh sih hehe). Untuk sms ke Indonesia pakai Mobily 1/4SAR saat tulisan ini dibuat. Jika anda punya kartu kredit beli lah account VOIP karena tarif sangat murah untuk telepon ke luar negeri.

4. Biaya internet, untuk internet saya memakai modem yang saya bawa dari Indonesia Huawei e1550. Apes nya nasib saya, baru di isi sehari ketinggalan di taxi hehe. Akhirnya beli di Jarir (kayak Gramedia kalau di Indonesia) 200SAR untuk modem sudah gratis internet 1GB sebulan, untuk upgrade jadi 5GB recharge nya 100SAR dan kalau pengen unlimited 350SAR per bulan.

5. Mesin cuci, karena saya orang nya termasuk malas nyuci akhirnya belilah tuh mesin cuci ukuran 5kg seharga 450SAR. Ya walaupun gak bagus-bagus amat tapi lumayan lah mesin cuci nya hehe.

Yupz, dari rincian diatas silahkan total sendiri sesuai dengan gaya hidup masing-masing karena saya yakin akan berbeda-beda tergantung dari selera hidup dan pendapatannya. Jika ada yang kurang jelas ataupun ada yang salah silahkan kita berdiskusi.

Terimakasih

About these ads

Written by brokenz1

August 30, 2011 at 8:33 pm

Posted in Overseas

Tagged with , , , ,

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. dapet salary berapaan disana?
    tinggal di shared apartment?

    Achmad mardiansyah

    September 25, 2011 at 4:18 pm

    • untuk tempat tinggal, harga 800 sar tu untuk satu bulan ato per berapa bulan??
      terima kasih atas infonya

      paratama

      February 1, 2012 at 3:16 pm

      • itu untuk per satu bulan, saya sendiri bayar per tahunnya 23000 real disini full furnished

        brokenz1

        April 10, 2012 at 6:50 pm

    • alhmdh lumayan mas buat pertama batu loncatan :D, si agus tau kok mas salary saya

      brokenz1

      April 10, 2012 at 6:51 pm

  2. gaya euy mau donk kemarin dapet tawaran di Qatar gue mas =D

    DHR

    October 25, 2011 at 11:11 am

    • wah hajar aja kl ada tawaran ke qatar, mumpung masih muda

      brokenz1

      April 10, 2012 at 6:50 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: