Lukman Prihandika Blog's

Nrimo ing pandum, urip wis ono sing ngatur

Session Initiation Protocol (SIP)

with 2 comments

SIP adalah peer-to-peer signalling protokol, dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF), yang mengijinkan endpoint-nya untuk memulai dan mengakhiri session komunikasi. Protokol ini didefinisikan pada RFC 2543 dan menyertakan elemen protokol lain yang dikembangkan IETF, mencakup Hypertext Transfer Protokol (HTTP) yang diuraikan pada RFC 2068, Simple Mail Transfer Protokol (SMTP) yang diuraikan pada RFC 2821 dan Session Description Protokol (SDP) yang diuraikan pada RFC 2327.

Arsitektur dari SIP terdiri dari dua komponen yaitu user agent dan servers. User agent merupakan endpoint dari sistem dan memuat dua subsistem yaitu user agent client (UAC) yang membangkitkan request dan user agent server (UAS) yang merespon request. Dua elemen ini dapat dilihat pada Gambar

Arsitektur SIP

Arsitektur SIP

SIP server adalah kesatuan fungsi logic , dimana tidak perlu memisahkan alat secara fisik. Fisik dari empat server tersebut yaitu:

  • Proxy server merupakan host jaringan yang berperan sebagai perantara yang bertujuan untuk meminta request atas nama client yang lain. Proxy harus bertindak sebagai server dan client, dia harus mengarahkan SIP request pada user agent  server dan mengarahkan SIP response pada user agent client. Proxy Server juga berfungsi untuk melakukan ruting, memastikan requests dapat disampaikan pada yang berhak menerima dan juga membuat kebijakan seperti meyakinkan bahwa pemakai tertentu diijinkan untuk melakukan panggilan.
  • Redirect Server merupakan kesatuan logika yang mengarahkan suatu klien pada perangkat pengganti dari Uniform Resource Indicators (URIs) untuk menyelesaikan tugas request.
  • Registrar Server menerima dan memproses pesan pendaftaran yang mengijinkan lokasi dari suatu endpoint dapat diketahui keberadaannya. Registrar Server ini kerjanya berhubungan dengan Location Server.
  • Location Server menyediakan service untuk database abstrak yang berfungsi mentranslasikan alamat dengan data / keterangan yang ada pada domain jaringan.

Format Messages pada SIP
Messages yang terdapat pada SIP didefinisikan dalam dua format :
1.Request, dikirim dari client ke server yang berisi tentang operasi yang diminta oleh client tersebut.
2.Response, dikirim dari server ke client yang berisi informasi mengenai status dari apa yang diminta oleh client.

Ada enam tipe dari request messages :
1.INVITE menunjukkan bahwa user atau service sedang diundang untuk bergabung dalam session. Isi dari pesan ini akan memasukkan suatu uraian menyangkut session untuk caller yang diundang.
2.ACK mengkonfirmasikan bahwa client telah menerima suatu final response untuk suatu INVITE request dan hanya digunakan di INVITE request.
3.OPTION digunakan untuk query suatu server tentang kemampuan yang dimilikinya.
4.BYE dikirim oleh user agent client untuk menunjukkan pada server bahwa percakapan ingin segera diakhiri.
5.CANCEL digunakan untuk membatalkan suatu request yang sedang menunggu keputusan.
6.REGISTER digunakan oleh client untuk mendaftarkan informasi kontak. Response message berisi status kode, dan keterangan tentang kondisi dari status request tersebut. Nilai-nilai dari kode status yang serupa dengan penggunaan pada HTTP, dibagi dalam enam kategori:

1xx: Provisional, request telah diterima dan sedang melanjutkan proses.
2xx: Success, tindakan dengan sukses diterima, dipahami dan disetujui.
3xx: Redirection, tindakan lebih lanjut diperlukan untuk memproses permintaan ini.
4xx: Client error, permintaan berisi sintak yang salah dan tidak bisa dikenali, oleh server sehingga server tidak dapat memprosesnya.
5xx: Server error, server gagal untuk memproses suatu permintaan yang sah.
6xx: Global Failure, permintaan tidak dapat dipenuhi oleh server manapun.

Written by brokenz1

July 25, 2009 at 4:15 pm

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] https://brokenz1.wordpress.com/2009/07/25/session-initiation-protocol-sip/ Possibly related posts: (automatically generated)BitTorrent 6.2 Build 15918PROTOKOL INTERNETBagaimana Setiap Sistem di Internet Dapat Saling Mengenali ? Comments RSS feed […]

  2. […] https://brokenz1.wordpress.com/2009/07/25/session-initiation-protocol-sip/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. Umpan RSS komentar […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: