Lukman Prihandika Blog's

Nrimo ing pandum, urip wis ono sing ngatur

Install Avast di Ubuntu 9.04

with 6 comments

Screenshot-avast! Antivirus

Dulu saya tak peduli dengan apa yang namanya virus di laptop saya karena saya menggunakan sistem operasi yang menjamin kesehatan hidup saya hehehe (make mikocok = hidup gak sehat, mikocok bajakan = + dosa). Namun, seiring dengan banyaknya keluhan dari teman saya ketika ingin ngopy file dari laptop saya yang katanya laptop saya sarang virus (harus saya akui itu :D) nah dari situ sering teman saya takut kalau ngambil file dari laptop saya. Dengan merenung sejenak saya akhirnya berpikir bijak, saya gak boleh egois, walaupun virus gak berdaya di laptop saya namun kalau file yang ada virus di jalanin di mikocok kan bisa jalan lagi tuh virusnya, nah yang lebih parah lagi kalau kita share file ke bos kita atau mau ngirim data penting ke kantor lain atau ngirim lamaran ke perusahaan kan bisa berabe tuh hidup saya. Udah data gak bisa dibaca komputer yang buat ngebaca data aku error lagi nah lho😀.

Akhirnya saya pilih Avast for Linux sebagai pilihan saya, karena memang terbukti cukup handal ketangguhannya dalam membasmi virus. Pertama download dulu masternya disini pilih yang *.deb, trus minta key nya disini. Bila anda baru pertama kali mendaftar klik pada tulisan “I’m a new user and I need a registration key for avast! Home Edition”isi data diri dan email anda. Setelah lengkap lalu klik register. Registration key akan dikirimkan ke alamat email anda. Setelah registration key didapat, install avast yang sudah di download.

brokenz@brokenz:~/Desktop$ sudo dpkg -i avast4workstation_1.3.0-2_i386.deb

Jika installasi sudah maka jalankan dengan perintah :

brokenz@brokenz:~/Desktop$ sudo avast

Masukkan key nya yang sudah di dapat, secara otomatis akan menscan komputer anda. Jika bingung dengan command-commandnya maka ketik :

brokenz@brokenz:~/Desktop$ sudo avast –help

Untuk mempermudah kita, pastinya ingin dengan mode GUI kan.. caranya seperti ini :

brokenz@brokenz:~/Desktop$ cd /usr/lib/avast4workstation/share/avast/desktop

brokenz@brokenz:~/Desktop$ sudo ./install-desktop-entries.sh

Oke, mode GUI sudah terinstall dan silahkan dilihat di Applications -> Accessories -> avast! Antivirus. Untuk update nya silahkan langsung klik update aja.

avast

Written by brokenz1

November 8, 2009 at 1:29 pm

Posted in Ubuntu Sabily

Tagged with , , ,

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. wahh.. bener juga mas.. virusnya gak jalan di ubuntu,, klo ke mikocok, tetap aja masih hidup,, hhe

    nice share

    akbar pribadi

    November 8, 2009 at 1:42 pm

    • yupz same same akbar🙂

      brokenz1

      November 8, 2009 at 1:48 pm

  2. hmmm… sy penggemar avast jg nih… klo di mikocok kan klo ada virus masuk kan langsung ke blok tuh… trus klo jalanin program yang terserang virus pasti langsung kedelete….

    klo di ubuntu gimana… apakah program yang terkena virus itu masih bisa jalan.. trus bgmn dengan sistem blok… atau emang cuman khusus untuk scan aja????

    east-borneo.net

    April 1, 2010 at 5:06 am

    • kalau di ubuntu bisa scan dan delete juga bila ditemukan
      kalau untuk automatis running start nya saya belum pernah
      cause bisa memberatkan sistem saya (aplikasi dah lumayan banyak :D)

      brokenz1

      April 1, 2010 at 5:13 am

  3. Om, aku nginstal avast tapi selalu ada pesan “VPS was destroyed”. Kenapa ya? Apa harus nginstal pas lagi online?

    refiner

    November 15, 2010 at 4:28 am

  4. saya baru install avast di ubuntu 9.10 dan sdah mendapatkan lisensi. Ketika melakukan update otomatis, avast menjadi error.
    Ketika dibuka muncul jendela “Avast! Error”
    An error occured in avast engine: invalid argument.

    Kemudian saya klik ok untuk keluar.

    Kenapa ya mas ? Dan gimana caranya biar avast bisa jalan dengan normal kembali ? Jika memang harus di uinstall, bagaimana cara menghapusnya ? Mohon maaf sy newbi..

    Dian Hendriyana

    March 2, 2011 at 10:39 pm


Leave a Reply

